Cara Alami Mengobati Flu

Flu memang terkadang terasa menyiksa, tenggorokan gatal hidung tersumbat di tambah lagi dengan bersin2, flu juga bisa menghambat aktivitas kita sehari2, jangan dulu meminum obat untuk mengatasi flu, ada cara alami untuk mengobati flu seperti beriku ini :

1. Honey lemon shot

Peras setengah sampai satu buah jeruk lemon lalu campur air perasan dengan dua sendok teh madu. Aduk hingga merata. Minum honey lemon shot setiap pagi setelah bangun tidur sebelum kita makan atau minum apapun. Perpaduan kandungan vitamin C yang tinggi dari jeruk lemon dan madu yang memiliki sifat antibakteri serta antioksidan ampuh melawan virus flu. Lakukan selama tiga sampai lima hari berturut-turut.

2. Mandi air panas

Saat terserang flu, mandi air panas sangat dianjurkan karena uap air bisa melegakan hidung tersumbat. Sehingga obat semacam Vicks Vaporub bisa lebih mudah terserap.

3. Minum banyak air putih

Dr. David Lewis, pakar telinga hidung dan tenggorokan dari Amerika, melakukan riset tentang dampak meminum air putih terhadap flu terhadap dua ribu partisipas. Menurutnya, salah satu manfaat air bagi tubuh adalah menjaga kelembaban saluran hidung. “Sistem pertahanan pertama untuk menghindari flu adalah mucous membrane di hidung. Ini berfungsi seperti kertas lengket yang menangkap debu, kotoran dan bakteri agar tidak masuk ke dalam paru-paru. Kalau dehidrasi, mucous membrane akan mongering sehingga tidak sepenuhnya efektif, ujar Dr. David Lewis. Ia menganjurkan sebaiknya kita mengkonsumsi delapan gelas air perhari. Kalau pun kurang dari itu, pastikan kita mengkonsumsi sayur dan buah.

4. Menghindari kopi dan alkohol

Kedua hal ini sebaiknya dihindari saat kita mengalami gejala flu. Ini karena keduanya cenderung membuat kita dehidrasi.

5. Kumur air garam

Rasa menggelitik di tenggorokan bisa diatasi dengan berkumur air garam. Masukkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Garam membunuh patogen dan mengurangi peradangan serta membersihkan lendir di tenggorokan, ujar Holly Phillips, MD, internis di New York City.

6. Tidur yang cukup

Dr. Wendy Sue Swanson, dokter anak dari Seattle Children’s Hospital berkata, “Ketika kita sakit flu, kita harus memberikan perawatan khusus bagi sistem imun. Bagaimana caranya? Kita tidur, istirahat dan memberikan penyembuhan yang dibutuhkan tubuh. Tidur berarti memberikan kesempatan pabrik dalam tubuh kita membangun sistem imun di kalenjar getah bening dan memproduksi antibodi.”

7. Makan sup ayam

Menurut National Institutes of Health, sup hangat sudah menjadi obat flu sejak abad ke-12. Dr. Keri Peterson, internis di Lennox Hill Hospital dan Mount Sinai Medical Center di New York mengatakan, “Sup kaldu ayam yang natural bisa meningkatkan gerakan di mucous dalam hidung karena merupakan cairan hangat. Ini membuat saluran darah membesar sehingga aliran darah lebih cepat dan membersihkan mucous dari bakteri serta penyumbatan hidung.” Sup juga memberikan hidrasi yang dibutuhkan terutama saat berusaha melawan infeksi.