Tips Mengajukan KTA Di Bank Pasti Di Terima

Untuk mengajukan KTA di bank di perlukan persiapan terlebih dahulu agar pengajuan kta kita di terima oleh bank dan tidak membutuhkan proses yang lama.

Maka dari itu berikut tips mengajukan KTA agar di terima oleh bank menurut pengalaman pribadi sebagai berikut :

1. Lunasi Semua Tagihan Kartu Kredit Atau Pinjaman
kartu-kredit
source: Google.com
Usahakan pembaca sudah melunasi semua tagihan kartu kredit atau pinjaman lain yang sedang berjalan. Jika masih dalam periode cicilan, usahakan track record pembayaran pembaca berstatus lancar. Sebab, ketika analis pinjaman Bank memverifikasi data anda, mereka akan bertanya apakah anda masih mempunyai cicilan kredit motor atau mobil, kartu kredit, atau pinjaman lain dan kemudian memastikan pengakuan anda dengan mengecek data di Bank Indonesia. Sebab data anda selama meminjam atau mempunyai kartu kredit, 100% akan terdata di Bank Indonesia. Kalau anda mempunyai record pinjaman yang buruk, sudah pasti permohonan KTA anda ditolak.

2. Ajukan Jumlah Pinjaman Sesuai Kemampuan
Jangan mencoba anda mengajukan nominal pinjaman yang jauh melebihi kemampuan anda. Sebab sudah jelas Bank akan menolak permohonan KTA anda karena secara kalkulasi keuangan anda, Bank memastikan anda tidak mampu untuk membayar cicilan. Biasanya Bank menyetujui jumlah nominal pinjaman maksimal sebesar 9 kali penghasilan nasabah. Jikapun lebih dari 9x penghasilan nasabah, cicilan perbulan dengan bunga jangan sampai meleibihi 35% dari penghasilan anda. Jadi maksudnya, anda mungkin boleh mengajukan pinjaman sebesar 10 sampai 11 kali pemasukkan anda, tapi pastikan Bank menyediakan jangka waktu cicilan yang lama, misalkan sampai 5 tahun. Jika anda memenuhi syarat ini, sudah pasti anda memberikan nilai tambah mengapa Bank harus menyetujui permohonan pinjaman anda.

3. Pengeluaran Rutin Lebih Kecil Daripada Pemasukan
pengeluaran
source: Google.com
Pastikan anda mempunyai pengeluaran rutin sebesar 40% dari penghasilan anda. Sebab Bank harus memastikan bahwa anda mampu membayar cicilan KTA yang sedang diajukan. Jika penngeluaran rutin anda lebih besar dari 40%, usahakan anda mencari pemasukan dari sumber lain selain gaji bulanan.

4. Usahakan Bank Tujuan Sama Dengan Bank Kantor Anda
Anda pasti berpikir bahwa anda lebih baik mencari Bank yang memiliki bunga paling rendah. Meskipun bisa saja permohonan pinjaman anda disetujui, tetap saja kesempatan lebih besar disetujui apabila anda mengajukan permohonan di Bank yang bekerja sama dengan kantor tempat anda bekerja dan biasanya Bank tersebut digunakan untuk mentransfer gaji karyawan termasuk gaji anda.

Sebab, biasanya kantor dan Bank yang bekerja sama, memiliki perjanjian khusus tentang bunga dan juga biasanya Bank juga akan memprioritaskan karyawan dari perusahaan yang bekerja sama dengannya. Contoh nyatanya adalah pengalaman saya sendiri. Perusahaan tempat saya bekerja, memiliki kerja sama dalam penggajian karyawan dan payroll kayawan dikirimkan melalui Bank BNI. Oleh karena itu, saya mendapatkan bunga khusus sebesar 9,38% dimana normalnya adalah 12,5%. Serta verifikasi data saya oleh analis tidak terlalu susah. Oleh karena itu saya sarankan pembaca mengajukan KTA di Bank yang bekerja sama dengan tempat bekerja.

5. Siapkan Modal
Anda ingin meminjam dana segar kepada Bank bukan berarti anda tidak menyiapkan modal sama sekali. Modal yang saya maksud di postingan ini adalah modal tabungan atau simpanan di Bank yang anda incar. Jika anda mempunya dana yang menyebar di berbagai Bank, jika memungkinkan, tarik semua dana terlebih dahulu dan setorkan ke rekening simpanan di Bank yang anda tuju untuk mengajukan permohonan pinjaman KTA.

Sebab, hal ini juga sebagai pertimbangan Bank untuk menilai anda bahwa anda berkomitmen kepada Bank dan Bank juga merasa aman jika anda suatu hari tidak bisa melunasi kredit dan Bank bisa mengambil dana terhutang dari tabungan anda. Tapi meskipun anda yakin anda dapat melunasi pinjaman tersebut, percaya atau tidak, Bank tetap melihat jumlah saldo yang ada di rekening anda.

Demikian tips mengajukan pinjaman kta agar di terima oleh bank menurut pengalaman pribadi saya. semoga berhasil