10 Tips Mengatasi Sakit Kepala

Sakit kepala adalah kondisi umum yang dihadapi banyak orang setiap hari.

Mulai dari tidak nyaman hingga benar-benar tak tertahankan, mereka dapat mengganggu kehidupan Anda sehari-hari.
Woman With Headache After Workout
Beberapa jenis sakit kepala ada, dengan sakit kepala tegang yang paling umum. Sakit kepala klaster menyakitkan dan terjadi dalam kelompok atau “kelompok,” sementara migrain adalah jenis sakit kepala sedang hingga berat.

Meskipun banyak obat yang ditujukan untuk meredakan gejala sakit kepala, sejumlah perawatan alami yang efektif juga ada.

Berikut adalah 10 pengobatan rumah yang efektif untuk menghilangkan sakit kepala secara alami.

1. Minum Air
Hidrasi yang tidak adekuat dapat menyebabkan Anda mengalami sakit kepala.

Bahkan, penelitian telah menunjukkan bahwa dehidrasi kronis adalah penyebab umum sakit kepala tegang dan migrain (1).

Untungnya, air minum telah terbukti dapat meringankan gejala sakit kepala pada sebagian besar individu dehidrasi dalam 30 menit hingga tiga jam (2).

Terlebih lagi, mengalami dehidrasi dapat merusak konsentrasi dan menyebabkan iritasi, membuat gejala Anda tampak lebih buruk.

Untuk membantu menghindari sakit kepala dehidrasi, fokus pada minum air yang cukup sepanjang hari dan makan makanan yang kaya air.

2. Ambil Beberapa Magnesium
Magnesium adalah mineral penting yang diperlukan untuk fungsi yang tak terhitung jumlahnya dalam tubuh, termasuk kontrol gula darah dan transmisi syaraf (3).

Menariknya, magnesium juga telah terbukti aman, obat yang efektif untuk sakit kepala.

Bukti menunjukkan bahwa kekurangan magnesium lebih sering terjadi pada orang yang sering mengalami sakit kepala migrain, dibandingkan dengan mereka yang tidak (4).

Penelitian telah menunjukkan bahwa pengobatan dengan 600 mg magnesium sitrat oral per hari membantu mengurangi frekuensi dan keparahan sakit kepala migrain (3, 5).

Namun, mengonsumsi suplemen magnesium dapat menyebabkan efek samping pada pencernaan seperti diare pada sebagian orang, jadi sebaiknya mulai dengan dosis yang lebih kecil ketika mengobati gejala sakit kepala.


3. Batasi Alkohol
Meskipun memiliki minuman beralkohol tidak dapat menyebabkan sakit kepala pada kebanyakan orang, penelitian menunjukkan bahwa alkohol dapat memicu migrain di sekitar sepertiga dari mereka yang sering mengalami sakit kepala (6).

Alkohol juga telah terbukti menyebabkan ketegangan dan sakit kepala klaster pada banyak orang (7, 8).

Ini adalah vasodilator, yang berarti memperlebar pembuluh darah dan memungkinkan darah mengalir lebih leluasa.

Vasodilasi dapat menyebabkan sakit kepala pada beberapa orang. Bahkan, sakit kepala adalah efek samping umum dari vasodilator seperti obat tekanan darah (9).

Selain itu, alkohol bertindak sebagai diuretik, menyebabkan tubuh kehilangan cairan dan elektrolit melalui sering buang air kecil. Kehilangan cairan ini dapat menyebabkan dehidrasi, yang dapat menyebabkan atau memperburuk sakit kepala (10).

4. Dapatkan Tidur yang Cukup
Kurang tidur dapat merusak kesehatan Anda dalam banyak cara, dan bahkan dapat menyebabkan sakit kepala pada beberapa orang.

Sebagai contoh, satu penelitian membandingkan frekuensi sakit kepala dan tingkat keparahan pada mereka yang mendapat kurang dari enam jam tidur per malam dan mereka yang tidur lebih lama. Ditemukan bahwa mereka yang kurang tidur memiliki lebih sering dan sakit kepala yang parah (11).

Namun, terlalu banyak tidur juga telah terbukti memicu sakit kepala, membuat jumlah istirahat yang tepat menjadi penting bagi mereka yang mencari pencegahan sakit kepala alami (12).

Untuk manfaat maksimal, targetkan “sweet spot” tujuh sampai sembilan jam tidur per malam (13).


5. Hindari Makanan Tinggi Histamin
Histamin adalah zat kimia yang ditemukan secara alami dalam tubuh yang memainkan peran dalam sistem kekebalan tubuh, pencernaan dan saraf (14).

Ini juga ditemukan dalam makanan tertentu seperti keju tua, makanan fermentasi, bir, anggur, ikan asap, dan daging yang diawetkan.

Studi menyarankan mengkonsumsi histamin dapat menyebabkan migrain pada mereka yang sensitif terhadapnya.

Beberapa orang tidak dapat mengeluarkan histamin dengan benar karena mereka memiliki gangguan fungsi enzim yang bertanggung jawab untuk memecahnya (15).

Memotong makanan yang kaya histamin dari diet mungkin merupakan strategi yang berguna untuk orang yang sering mengalami sakit kepala (16).

6. Gunakan Minyak Esensial
Minyak atsiri adalah cairan yang sangat pekat yang mengandung senyawa aromatik dari berbagai tanaman.

Mereka memiliki banyak manfaat terapeutik dan paling sering digunakan secara topikal, meskipun beberapa dapat dicerna.

Minyak esensial peppermint dan lavender sangat membantu ketika Anda sakit kepala.

Menerapkan minyak esensial peppermint ke kuil-kuil telah terbukti mengurangi gejala sakit kepala tegang (17).

Sementara itu, minyak lavender sangat efektif untuk mengurangi rasa sakit migrain dan gejala terkait ketika diterapkan pada bibir atas dan dihirup (18).

7. Coba Vitamin B-Kompleks
Vitamin B adalah kelompok mikronutrien yang larut dalam air yang memainkan banyak peran penting dalam tubuh. Misalnya, mereka berkontribusi pada sintesis neurotransmitter dan membantu mengubah makanan menjadi energi (19).

Beberapa vitamin B mungkin memiliki efek perlindungan terhadap sakit kepala.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa suplemen vitamin B riboflavin (B2), folat, B12 dan piridoksin (B6) dapat mengurangi gejala sakit kepala (20, 21, 22).

Vitamin B-kompleks mengandung kedelapan vitamin B dan merupakan cara yang aman dan hemat biaya untuk mengobati gejala sakit kepala secara alami.

Vitamin B dianggap aman untuk dikonsumsi secara teratur, karena vitamin larut dalam air dan setiap kelebihan akan dikeluarkan melalui urin (23).

8. Menenangkan Nyeri dengan Kompres Dingin
Menggunakan kompres dingin dapat membantu mengurangi gejala sakit kepala Anda.

Menerapkan kompres dingin atau beku ke leher atau daerah kepala mengurangi peradangan, memperlambat konduksi saraf dan menyempitkan pembuluh darah, yang semuanya membantu mengurangi sakit kepala (24).

Dalam satu penelitian pada 28 wanita, menerapkan paket gel dingin ke kepala secara signifikan mengurangi nyeri migrain (25).

Untuk membuat kompres dingin, isi tas tahan air dengan es dan bungkus dengan handuk lembut. Terapkan kompres ke bagian belakang leher, kepala atau kuil untuk menghilangkan sakit kepala.

9. Pertimbangkan untuk Mengkonsumsi Koenzim Q10
Coenzyme Q10 (CoQ10) adalah zat yang diproduksi secara alami oleh tubuh yang membantu mengubah makanan menjadi energi dan berfungsi sebagai antioksidan kuat (26).

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen CoQ10 mungkin merupakan cara yang efektif dan alami untuk mengobati sakit kepala.

Misalnya, satu penelitian pada 80 orang menunjukkan bahwa mengonsumsi 100 mg suplemen CoQ10 per hari mengurangi frekuensi, keparahan, dan panjang migraine (27).

Penelitian lain termasuk 42 orang yang mengalami migrain sering menemukan bahwa tiga dosis 100 mg CoQ10 sepanjang hari membantu menurunkan frekuensi migrain dan gejala terkait migrain seperti mual (28).

10. Coba Diet Eliminasi
Studi menunjukkan bahwa intoleransi makanan dapat memicu sakit kepala pada beberapa orang.

Untuk mengetahui apakah makanan tertentu sering menyebabkan sakit kepala, cobalah diet eliminasi yang menghilangkan makanan yang paling terkait dengan gejala sakit kepala Anda.

Keju tua, alkohol, coklat, buah jeruk dan kopi adalah pemicu makanan yang paling sering dilaporkan pada penderita migrain (29).

Dalam satu penelitian kecil, diet eliminasi 12 minggu mengurangi jumlah sakit kepala migrain yang dialami orang. Efek ini dimulai pada tanda empat minggu (30).

Demikian beberapa tips untuk mengatasi sakit kepala.