Makanan Yang Memicu Keputihan

Keputihan merupakan salah satu gejala kesehatan yang dialami para wanita. Sebetulnya, kondisi ini sangat wajar dan alami karena, keputihan sendiri punya fungsi untuk membersihkan dan melindungi vagina dari berbagai virus dan bakteri penyebab infeksi.
Keputihan ditandai dengan keluarnya liur/lendir atau cairan pekat berwarna keputihan dari dalam vagina. Lendir inilah yang membawa sel-sel yang sudah mati dan bakteri keluar sehingga organ kewanitaan tetap sehat. Meskipun wajar dialami, ada beberapa tanda keputihan tidak normal yang wajib Anda waspadai.
Inilah Tandanya
Bau yang menyengat
Vagina memang memiliki aroma/bau khusus. Namun, Anda patut waspada jika Miss V mulai mengeluarkan bau yang aneh dan menyengat. Selain keputihan, aroma/bau menyengat ini umumnya disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari kelembapan organ intim, pertumbuhan bakteri dan jamur, serta konsumsi makanan-makanan tertentu.
Keputihan disertai rasa gatal
Rasa gatal-gatal dan perih pada bagian bibir ataupun dalam miss V umumnya disebabkan oleh jamur dan bakteri yang sangat suka tempat lembab. Oleh karena itu bersihkanlah setiap anda buang air kecil/besar menggunakan tisu atau kain khusus supaya area intim tetap kering.
Warna yang berubah
Waspadalah jika keputihan yang Anda alami disertai dengan lendir mengandung darah atau berwarna kecokelatan, sebab hal tersebut bisa menjadi gejala awal penyakit kanker serviks.
Untuk itu jika gejala keputihan tidak normal seperti poin diatas, maka periksalah ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.
Namun tahukah Anda bahwa keputihan dapat disebabkan oleh makanan yang kita makan, lalu apakah makanan penyebab keputihan tersebut inilah dia :

1.Soft drink/Minuman bersoda
Image result for softdrink
Mulai sekarang kurangilah meminum minuman bersoda, karena soft drik/ Minuman bersoda mengandung pemanis, pewarna, dan gula yang tinggi yang dapat menyebabkan keputihan. sebab pewarna dan pemanis makanan yang terkandung di dalamnya ternyata mampu membuat bakteri dan virusi di dalam vagina berkembang makin pesat.

2. Gula
Image result for gula
Gula atau makanan yang terlalu mengandung banyak gula, seperti Alkohol pasalnya alkohol mengandung gula tinggi yang dapat meningkatkan pertumbuhan jamur atau ragi di area Miss V anda, untuk itu kurangilah gula yang berlebih. Selain itu mengurangi gula juga dapat meminimalisir resiko diabetes.

3. Timun
Image result for timun
Mungkin anda sering mendenar nasihat untuk sebisa mungkin menghindari makan timun, terutama saat sedang datang bulan. Faktanya timun mengandung senyawa dan zat tertentu yang dapat meningkatkan produksi hormon estrogen pada wanita. Makin banyak hormon ini diproduksi makin banyak pula lendir yang keluar dari Miss V.

4. Nanas
Image result for nanas
Buah ini sebenarnya segar dan enak untuk dimakan meskipun agak kecut bagi sebagian orang. Sayangnya, nanas juga memicu produksi lendir berlebih pada area kewanitaan Anda yang dapat menyebabkan keputihan dan seperti ‘basah’ di celana dalam.

5. Makanan Fermentasi
Image result for makanan fermentasi
Makanan yang terakhir adalah makanan hasil fermentasi, siapa sangka makanan ini bisa memperparah keputihan pada wanita, makanan ini dapat memproduksi lendir berlebihan pada bagian dalam vagina. Namun bukan berarti anda tidak boleh memakannya, yang penting Anda tidak memakannya secara berlebihan.

Sebenarnya masih banyak lagi makanan dan hal yang dapat memicu atau menyebabkan keputihan.
Namun jika keputihan makin parah/keputihan menunjukkan gejala-gejala yang tidak biasa, lebih baik periksalah diri anda ke dokter spesialis kelamin supaya mendapatkan penanganan medis secara tepat.